fbpx

Semuanya Berubah: Cara Mengatasi Ketidakpastian dalam Hidup

Entrepreneurs.id- Saya penggemar berat saran mingguan Spotify. Entah bagaimana, algoritme yang cerdas dengan mudah memilih lagu terbaik dari koleksi masifnya untuk kesenangan saya. Dikombinasikan dengan secangkir kopi yang baru digiling, ini adalah resep sukses Senin pagi saya.

Masalahnya adalah terkadang aplikasi bersikeras untuk menambahkan lagu yang saya tidak suka langsung hanya untuk menemukan diri saya menyukai lagu yang sama beberapa hari kemudian. Penjelasan ilmiah yang cepat ditemukan menyarankan jawaban – otak manusia menikmati keakraban. Trik yang diketahui DJ radio adalah menyelipkan lagu-lagu gaya baru dengan yang lama untuk mencegah penurunan pendengar.

Alih-alih memainkan lagu baru dengan sendirinya, mereka akan memperkenalkannya secara bertahap di antara lagu-lagu populer dan favorit. Memulai sekali setiap sepuluh lagu populer, frekuensi tersebut akan meningkat hingga orang asing yang tidak dikenal menjadi lagu keren yang disukai semua orang.

Kecenderungan otak untuk bias negatif diteliti dengan baik dengan beberapa keyakinan bahwa ini adalah mekanisme kelangsungan hidup evolusioner. Mungkin manusia purba yang tertarik pada beri beracun berwarna cerah adalah yang pertama pergi. Orang yang cenderung skeptis hidup untuk melihat hari lain sambil makan kentang dan bergumam “lebih baik aman daripada menyesal.” Ini masuk akal ribuan tahun yang lalu, tetapi kami kehabisan gua dan anak panah batu. Berurusan dengan perubahan dengan cara yang logis adalah kebutuhan zaman modern. Syukurlah, otak yang sama yang menciptakan kecemasan tentang pengalaman baru dapat mengalahkan ketakutan evolusioner dan membantu kita merangkul perubahan seperti peselancar merangkul ombak liar.

“Kebahagiaan dapat ditemukan, bahkan di saat-saat tergelap, jika seseorang hanya ingat untuk menyalakan lampu.” – Albus Dumbledore

1. Buatlah menjadi positif

Menjadi sekutu dengan suara sok tahu yang negatif di kepala Anda dan ajarkan hal-hal baru yang menyemangati untuk dikatakan. Dengan menggunakan reframing, kita dapat membuat fokus pada aspek positif dari perubahan.

Misalnya, jika Anda diminta bekerja dari rumah saat terjadi pandemi, akan sangat payah jika Anda tidak melakukan interaksi sosial di kantor. Tetapi karena tidak ada perjalanan panjang, Anda dapat mengerjakan proyek pribadi, membersihkan rumah, atau mempelajari keterampilan baru. Bukankah itu membuat Anda bersemangat tentang idenya? Anda dapat berbicara dengan orang-orang menggunakan konferensi video untuk mengatasi isolasi sosial. Ya, itu tidak sama tetapi setidaknya Anda tidak harus duduk dalam rapat dengan napas kuat Bob.

2. Menjelaskan ambiguitas

Perubahan atau petualangan baru dikaitkan dengan ketakutan akan yang tidak diketahui. Buat yang tidak diketahui diketahui dan hadapi masalah nyata daripada ambigu – “semuanya buruk dan menakutkan.”

Misalnya, sebelum bepergian ke negara baru, Anda dapat mencari tahu tempat teraman untuk dikunjungi, melakukan tindakan pencegahan seperti membawa ponsel dengan kartu SIM lokal, dan bepergian dengan rombongan besar. Ajukan pertanyaan kepada diri Anda sendiri, “Apa arti perubahan ini bagi saya?” Pertimbangkan hanya jawaban yang obyektif dan spesifik.

3. Jangan menjadi penumpang

Manusia adalah spesies yang mudah beradaptasi – kita telah hidup di gua, hutan, dan hutan dingin yang membekukan. Ketika perubahan baru terjadi, awalnya akan terasa tidak nyaman tetapi sedikit demi sedikit Anda akan terbiasa. Penting untuk bersikap proaktif. Tetap menjadi yang terdepan dengan terlibat dengan sumber perubahan, memahami detail, dan yang lebih penting belajar dan mengalami dari situ. Perubahan adalah sumber pengembangan dan pertumbuhan pribadi.

Ingatlah bahwa ketika Anda mengatakan “tidak”, Anda berpotensi menjauh dari kesempatan untuk menjadi orang yang lebih baik.

“Jika kehidupan dapat diprediksi, maka kehidupan akan berhenti, dan tanpa rasa.” – Eleanor Roosevelt

4. Bicaralah dengan seseorang

Ini mungkin membuat stres dan menantang dan Anda tidak harus melakukannya sendiri. Saya yakin bahwa Anda memiliki seseorang dalam hidup Anda yang peduli tentang Anda. Bicaralah kepada mereka, bagikan bagaimana perasaan Anda dan carilah nasihat. Jangan lupa untuk membalas budi ketika mereka membutuhkan Anda untuk membantu – hubungan adalah jalan dua arah.

5. Ganti persneling

Jumlah perubahan bisa sangat besar. Dalam konteks organisasi, ada istilah “perubahan kelelahan” dan pemimpin yang baik menyadari terlalu banyak perubahan sekaligus. Meskipun perubahan adalah pengalaman positif, kita perlu alternatif antara periode perubahan dan stabilitas.

Ini mirip dengan sistem saraf parasimpatis dan simpatis Anda. Yang pertama mengontrol istirahat dan pemulihan dengan yang terakhir bertanggung jawab untuk melarikan diri dan bertarung. Siklus FF-RR ini sangat penting untuk menghadapi perubahan seperti seorang profesional. Bahkan atlet terkuat pun perlu waktu untuk memulihkan tenaga. Gunakan periode tenang di antara perubahan untuk merefleksikan pengalaman yang diperoleh dan mengintegrasikan pembelajaran.

Menurut seorang filsuf Alan Watts, “alam semesta adalah aliran energi yang terus berubah dan mencoba untuk melekat padanya sama seperti berjalan di kolam.” Anda harus berenang untuk pergi ke berbagai tempat di dunia ini. Mampu menghadapi keadaan yang terus berubah adalah menjadi atlet perenang di Olimpiade kehidupan.

Bagaimana Anda menghadapi perubahan? Apakah sulit bagimu? Bagikan pemikiran Anda dengan kami di bawah ini!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Upcoming Events