fbpx

5 Cara yang Sangat Efektif untuk Istirahat Dari Pekerjaan

Entrepreneurs.id- Sebuah studi yang dilakukan oleh Gettysburg College menemukan bahwa Anda menghabiskan sepertiga dari hidup Anda di tempat kerja. Rata-rata, seseorang akan menghabiskan 90.000 jam di tempat kerja seumur hidup. Ini adalah waktu yang banyak jauh dari keluarga saat mengalami banyak tekanan mental dan fisik. Kerja lembur mulai menjadi prioritas di atas keluarga dan sebelum Anda menyadarinya, produktivitas, kreativitas, mental, dan kesehatan fisik Anda mulai menurun. Mengapa ini terjadi?

Alasannya adalah kita tidak memberi waktu pada pikiran kita untuk mengisi ulang dan memfokuskan kembali pada prioritas kita. Kami terus membiarkan tugas-tugas dengan prioritas yang lebih rendah masuk ke dalam jadwal harian kami dan akhirnya bekerja berjam-jam dengan motivasi yang lebih sedikit. Kemudian, setiap hari mulai terlihat seperti yang dialami Bill Murray dalam film “Groundhog Day”. Itu adalah hari yang sama setiap hari!

Di bawah ini adalah proses lima langkah untuk memutus lingkaran setan ini, mengatur ulang pikiran Anda, dan istirahat dari pekerjaan:

1. Lakukan Mind Dump

Pikiran kita sudah memiliki semua informasi tentang tujuan, minat, gairah, dan apa yang memotivasi kita. Kita perlu memanfaatkan informasi yang kaya ini dengan menuliskannya secara strategis dan membuatnya terlihat. Di sinilah Latihan Mind Dump membantu. Kapan pun Anda merasa tersesat, tidak mencapai tujuan Anda, terlalu memaksakan diri untuk berbagai tugas, merasa kewalahan dengan ide dan pikiran, lakukan latihan ini, dan dokumentasikan semua yang ada di pikiran Anda ke selembar kertas.

Latihan ini membantu memberikan lebih banyak visibilitas ke dalam emosi Anda, dan Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk melakukan latihan ini. Tujuannya adalah untuk menuliskan semua yang ada dalam pikiran Anda. Kemudian gunakan ini untuk memandu tindakan Anda.

“Beristirahatlah saat Anda lelah. Segarkan dan Perbarui diri Anda. Tubuh Anda, pikiran Anda, jiwa Anda. Lalu kembali bekerja. ” – Ralph Martson

2. Tuliskan Semua Prestasi Anda

Salah satu masalah terbesar dengan pikiran manusia adalah mudahnya beralih ke pikiran negatif jika kita mengizinkannya. Kami terus memikirkan hal-hal yang belum kami capai dan merasa buruk tentang diri kami sendiri. Mari kita ubah narasi itu dalam pikiran kita.

Tuliskan semua pencapaian Anda dalam kerangka waktu tertentu. Bisa jadi – tiga bulan, enam bulan, satu tahun, atau apa pun yang Anda inginkan. Begitu Anda mulai menuliskan semua pencapaian Anda, itu memberi Anda kesempatan untuk menghargai masa lalu dan masa kini, dalam hal semua hal yang telah Anda selesaikan yang memberi Anda tujuan dalam hidup. Jangan memikirkan masa depan sendirian.

Saya mungkin melangkah lebih jauh dan mencetak semua pencapaian ini dan menempelkannya di bagian yang terlihat di kantor Anda untuk mengingatkan diri sendiri setiap hari bahwa Anda melakukan pekerjaan yang hebat.

3. Tuliskan Semua Hal yang Anda Syukuri

Ya, hidup itu menyebalkan dan membuat Anda terkejut saat Anda tidak menduganya. Tapi, setiap kali Anda jatuh, Anda bisa berdiri lagi dan terus berbaris. Salah satu cara untuk membantu melakukannya adalah dengan menuliskan semua hal yang Anda syukuri, seperti – keluarga, kesehatan, pekerjaan, anak, teman, memiliki uang untuk menghidupi keluarga, memiliki atap di atas kepala, dan banyak lagi. Penelitian yang dilakukan di UC Berkeley menemukan korelasi kuat antara rasa syukur dan kesejahteraan. Ini secara langsung berdampak pada kesehatan mental dan fisik.

Ketika Anda mengamati hal-hal yang Anda syukuri, itu membantu memberikan perspektif yang berbeda dan lebih terinformasi tentang situasi Anda saat ini. Ingat, “Masa sulit tidak bertahan lama, orang tangguh, lakukan.” – Robert Schuller.

4. Beri Diri Anda Beberapa Anugerah

Masalah dengan kita sebagai manusia adalah cara kita memperlakukan diri kita sendiri berbeda dengan cara kita memperlakukan orang lain. Kami baik hati kepada sahabat kami, dan pastikan kami memperlakukannya dengan hormat. Tapi, saat kita mengacaukan atau melakukan sesuatu yang tidak kita sukai, kita mencaci diri sendiri. Kita berkata pada diri kita sendiri bahwa kita tidak cukup baik; kami selalu mengacaukan; kami bodoh, dan kami tidak pantas mendapat kesempatan kedua. Apakah Anda akan mengatakan hal-hal ini kepada sahabat Anda? Tentu saja tidak. Lalu, mengapa Anda memperlakukan diri Anda sendiri secara berbeda?

Tidaklah biasa bagi orang untuk berkata, “Saya tidak akan melakukan yang terbaik yang saya bisa.” Kita semua berusaha keras untuk melakukan yang terbaik untuk orang yang kita cintai dan kita. Jadi, ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik untuk Anda, atau Anda merasa ingin menyerah, berikan diri Anda sedikit rahmat. Sadarilah bahwa Anda melakukan yang terbaik yang Anda bisa dalam keadaan Anda saat ini. Terkadang hal-hal tidak berjalan dengan baik, dan itu tidak masalah. Selalu ada waktu berikutnya.

“Perlakukan diri Anda dengan cinta dan hormat dan Anda akan menarik orang yang menunjukkan cinta dan hormat kepada Anda.” – Rhonda Byrne

5. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan

Kita begitu terikat pada pekerjaan kita, sehingga terkadang kita lupa bahwa hidup lebih dari sekadar pekerjaan kita. Banyak pengalaman indah menunggu untuk dijelajahi. Ada hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan sendiri dan keluarga. Ini bisa sesederhana menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, pergi berlibur singkat, menginap – tempat Anda membaca, acara TV favorit, dan makan makanan enak. Lepaskan diri dari kesibukan Anda di tempat kerja. Ingatlah “Kita semua memiliki dua kehidupan, dan yang kedua dimulai ketika kita menyadari bahwa kita hanya memiliki satu” – Konfusius.

Jadi, apakah Anda merasa kewalahan, stres, atau cemas di tempat kerja? Kemudian, mungkin inilah saatnya untuk istirahat mental dari pekerjaan Anda dan fokus pada Anda. Ikuti proses lima langkah dan berikan diri Anda ruang kepala yang layak Anda dapatkan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *